7 Recomended Tempat Wisata Kuliner di Balikpapan

Readers,

Sudah pernahkah kalian ke Balikpapan?
Mayoritas teman-teman saya semasa kuliah di Jakarta dulu yang belum pernah menginjakkan kaki di bumi Kalimantan Timur ini akan menebak kalo Balikpapan "Hutan Belantara", "Tidak ada apa-apanya", dan masih banyak anggapan lain yang mengatakan kota ini masih terbelakang ataupun berada di pelosok pedalaman. Saya yang notabenenya lahir di kota minyak ini selalu tertawa dalam menanggapi tebakan-tebakan mereka. Karena Balikpapan termasuk kota yang paling maju di Kalimantan Timur selain Samarinda dan merupakan pintu gerbang untuk memasuki Kalimantan Timur. Kenapa saya sebut "Pintu Gerbang"? Alasannya adalah karena Balikpapan adalah kota pertama yang memiliki bandara bertaraf internasional (Bandara Sepinggan) dan juga pelabuhan (Pelabuhan Semayang) di Kalimantan Timur.

Selain banyak tempat wisata yang masih terjaga keasliannya, kalian yang datang ke kota ini akan dimanjakan dengan kuliner yang beraneka ragam. Sebagai kota pendatang dengan beraneka ragam suku dan budaya, maka makanannya pun juga bervariasi dan tentunya akan menggugah selera makan kita.

Nah, kalian pasti sudah tidak sabar kan ingin mengetahui ada kuliner apa saja yang wajib kalian coba?
Berikut ini ada 7 tempat wisata kuliner yang saya rekomendasikan untuk kalian coba jika berkunjung ke Balikpapan:

1.  Restaurant Dandito


Kepiting Saos Lada Hitam 

    Resto yang berada di Jalan Marsma R.Iswahyudi, Gunung Bakaran ini letaknya dekat sekali dengan       
Bandara Sepinggan. Sebelum masuk ke dalam resto kita akan disuguhkan dengan pemandangan logo kepiting yang sangat besar pada pamflet nama Restaurant Dandito. Dari sana kita tidak akan salah menebak kalo olahan utamanya pasti kepiting. Olahan kepiting best seller di resto ini adalah "Kepiting Saos Lada Hitam". Kombinasi rasa pedas dan asinnya pas banget di lidah. Benar-benar menggugah selera. Masih banyak pilihan olahan seafood lainnya dan saos lainnya untuk olahan kepiting. Gimana readers, tertarik mencobanya?


Besar banget yaa Logo Kepitingnya


2.  Laut Biru Resto

     Resto ini berada persis diantara Monumen Perjuangan Rakyat (MONPERA) dan Bank Indonesia. Lebih tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman. Walaupun resto ini baru saja dibuka tapi sudah diserbu banyak pengujung. Bahkan Presiden Jokowi sudah pernah mencoba makan siang di resto ini. Tidak hanya makanannya yang recomended, dekorasi resto yang instagramable dengan banyak pilihan tempat untuk berselfie ria, namun kalian juga akan disuguhkan pemandangan laut lepas. Kalian bisa memilih untuk makan di dalam ruangan, ada pilihan ruangan ber-AC maupun tidak, atau memilih duduk lesehan di gazebo cantik yang berada di pinggir pantai. Bagian outdoornya ditata layaknya rumah makan yang berda di jimbaran Bali. Resto ini akan terlihat lebih cantik pada sore dan malam hari dengan hiasan lampu gantung. Semilir angin dan suara deburan ombak akan menemani waktu bersantap kita. Di lokasi ini kita bisa menyaksikan kapal-kapal minyak, kapal pengangkut batu bara yang melewati lautan. Sungguh tempat yang sangat menarik, apalagi jika kita ditemani oleh keluarga, teman, dan pasangan.        


Gazebo Besar yang Berada di lokasi Outdoor 



Menu yang saya pilih bersama keluarga 
(Kepiting Lada Hitam, Ikan Kerapu Asam Manis, Udang Goreng Tepung, Cah Kangkung Balacan)


Pemandangan dari Gazebo Kecil yang Menghadap Laut


3. Soto Banjar Kuin Abdhu



Dimana Soto Banjar paling enak di Balikpapan? Pasti jawabannya adalah Soto Banjar Kuin Abdhu. Lokasi tempat makan ini berada di Jl.A. Yani Gunung Sari Ilir. Yang membuat soto ini berbeda dari soto banjar lainnya tentu saja pada perkedel singkongnya dan jika disandingkan dengan sate ayamnya yang tak kalah lezatnya pasti membuat kalian ketagihan. Kombinasi rasa asin dan manisnya,hmmm, delicious!





     Soto Banjar (Kiri) dan Sate Ayam Bumbu Kacang (Kanan)


4. Sate Padang "AJO LAWEH"
    
     Tidak kalah enak dengan sate padang dari daerah tempatnya berasal. Racikan bumbu satenya benar-benar pas dilidah. Soto padangnya juga recomended untuk kalian coba. Rumah makan ini berada tepat di belakang Bank Danamon, Jalan Gajah Mada No.55.


Sate Padang



 Soto Padang


5. Bakso dan Mie Ayam Lek Min


    Balikpapan juga punya warung Bakso dan Mie Ayam maknyus yang wajib dicoba. Bakso dan Mie Ayam Lek Min namanya. Letaknya berada tepat di samping traffic light depan Hotel Le Grandeur. Untuk rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Jika kalian mengaku sebagai penikmat olahan bakso, sempatkanlah waktu kalian untuk mapir dan mencicipinya.


Bakso Campur dan Urat 


Mie Ayam 


6.  Rumah Makan Barunawati


Sate Kambing Bumbu Kacang dan Kecap


      Anda penggemar masakan kambing? Jangan lupa berkunjung ke RM. Barunawati yang berada di depan Pelabuhan Semayang. Tak hanya menyediakan menu sate kambing, rumah makan ini juga menyuguhkan sate ayam, sate daging sapi, gulai kambing, gulai ayam, dan tongseng kambing. Selain rasanya yang menggugah selera, harganya pun cukup terjangkau. Dan pastinya 100% halal.

7. Gado-Gado Gunung Teknik


Gado-Gado Siram

     Gado-gado ini lokasinya cukup sulit untuk dijangkau. Berada di gunung teknik daerah perumah karyawan Pertamina. Tapi kalian tidak akan menyesal karena nantinya akan disuguhkan gado-gado siram yang resep bumbunya sudah turun temurun. Disuguhkan bersama dengan emping dan kerupuk, beserta selada dan tomat tidak seperti kebanyak gado-gado pada umumnya. Tempatnya yang sunyi dan jauh dari hiruk pikuk kota Balikapan akan memberikan ketenangan sambil menikmati suguhan gado-gado lezat ini.






Komentar

Postingan Populer